Ajengshitta's Blog











{April 28, 2009}   MANFAAT ASI

Ass, Bagi cewe-cewe yang belum menikah mungkin akan mengganggap remeh atau tabu
akan masalah asi, namun saya akan berbagi info tuk anda mengenai manfaat asi, agar suatu saat nanti anda tidak menyesal karena tdk memberikan asi pada anak anda,karena ketidaktauan atau kurangnya pengetahuan mengenai asi bagi anak kita. Semoga informasi ini bermanfaat..

Bagi Sang ibu baru atau ibu muda biasanya tidak mau memberikan anaknya asi karena takut berpengaruh pada payudaranya ataupun karena malasnya bercape-cape menyusui,yang katanya bikin badan pegel maupun malasnya berdiam lama-lama ditempat tidur pada saat menyusui,tanpa bisa melakukan kegiatan apapun…Sebenarnya bila saja kita mau ‘berkorban’ sedikit saja akan hal tsb..maka tentunya kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa akan manfaat asi bagi anak kita seumur hidupnya.mengapa bisa demikian??..ayo kita cari tahu.

Taukah kamu bahwa didalam asi mengandung banyak anti body yg berguna tuk bayi kita saat dewasa kelak..karena didalam asi kaya akan kandungan lemak ,protein,enzim lipase (yang didalamnya terdapat vit A & vit D serta asam lemak yang melindungi bayi dari penyakit&infeksi). Kandungan didalam asi yang paling utama yang tidak terdapat bahkan
disusu formula termahal sekalipun, adalah kandungan Kolostrum yang hanya ada pada saat pertama asi kita keluar sampai kurang lebih 2 minggu setelah bayi lahir. Kolostrum merupakan nutrisi sempurna bagi bayi anda,karena kandungannya kaya akan zat anti kuman yang melindungi bayi dari berbagai penyakit. Kolostrum jg mengandung sejulah besar anti bodi yg disebut IgA(secretory immuglobulin A). IgA akan melindungi bayi dari serangan kuman di tenggorokan,paru-paru & usus.kolostrum juga memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan bayi, dimana usus bayi amat rentan terhadap virus ,bakteri & alergen..kolostrum tsb berguna sebagai benteng disaluran pencernaan untuk mencegahnya dari absorpsi substasi asing tsb masuk kedalam tubuh.Didalam kolostrum juga mengandung kaya akan lekosit, sel darah putih yang akan menghancurkan bakteri jahat dan virus yang menyebabkan alergi terhadap bayi.

Bagi bayi yang merasakan asi dengan yang merasakan susu formula dari ortu nya,akan merasakan perbedaan yang mendasar pd kehidupan sang bayi kelak. Berdasarkan hasil riset dari beberapa penelitian, banyak manfaat yang didapatkan dari bayi yg menyusui asi. Yang manfaat tersebut akan terus didapatkan bayi sampai kelak ia dewasa selama
hidupnya.Pertahanan tubuh,intelegensia,kesehatan tubuh adalah salah satu manfaat dari asi.Selain itu asi juga bisa menguatkan kedekatan ibu dengan anaknya,keakraban dapat terjalin dan komunikasi pun dpt terjaga antara ibu dan anak, karena dengan menyusu,anak mendapatkan Perasaan aman dan dicintai. Tentunya yang harus diingat, jalinan perhatian dan kasih sayang dari ibu, juga dibarengi dengan aktivitas bersama dan juga kegiatan bersama lainnya.
Allah telah memberikan anugrah hanya kepada wanita, yaitu dapat menyusui..
Mengapa tidak kita manfaatkan anugrah itu dengan sebaik-baiknya..??..
Setiap yang sudah Allah berikan pada hambanya, pasti ada Hikmahnya, begitu pula dengan ASI..
Bahwa asi itu akan sangat berguna dan bermanfaat tuk kita. jadi alangkah baiknya bila kita memanfaatkan hal tersebut yaitu dengan memberikan anak kita asi. Sekali lagi,
kesimpulan apa yang kita dapat dari asi…?? Bahwa asi jelas nyaman digunakan, mudah dibawa-bawa (menempel ditubuh kita dlm payudara), aman dari segi lingkungan, dan yang paling mengasyikkan:GRATISSS. Dengan yang satu ini,Anda pasti setuju dengan opini saya bukan?? ; D
Jangan khawatir bila terkadang kita merasa awalnya asi kita tidak keluar. Banyak cara yang bisa dilakukan.Salah satunya Rajin memompa payudara kita,makan makanan bergizi & juga rajin memakan daun katuk. Insya Allah hal tersebut dapat memperlancar dan memperbanyak asi. Jangan gampang menyerah, berusaha terus agar asi bisa kita berikan pada bayi kita..
Karena setiap wanita dianugrahi Asi pd payudaranya oleh Allah, tinggal bagaimana usaha kita tuk membuat asi kita bermanfaat bagi bayi kita. Untuk kaum Pria yang membaca blog saya..Semoga juga bermanfaat tuk anda. Agar anda bisa mendukung & memberitahukan kepada istri anda kelak,tuk menyusui bayi anda .. Maka nanti anda sendiri yang akan merasakan pengaruh yang luar biasa terhadap kemampuan integelitas, kekebalan tubuh, emosi, kesehatan & pertumbuhan badan anak anda kelak.
Bahkan asi pun dapat memberikan dampak yang baik bagi sang istri, yaitu melangsingkan tubuh secara alami sehabis melahirkan. Karena menurut penelitian journal of american dietian association, bahwa aktivitas menyusui akan mengecilkan pinggul dan paha secara alami. Karena manyusui dapat membakar lebih dari 600 kalori tubuh tiap harinya yang artinya sama dengan melakukan aerobik selama lebih dari 2 jam. Bisa anda bayangkan bukan..
Berarti anda tak perlu bersusah payah menyuruh istri anda berdiet ketat tuk mengembalikan bentuk tubuhnya setelah melahirkan.(he..he..)
Oke sekian dulu blog dari saya,sampai ketemu lagi di blog saya yang lain,tentunya About Family..Wass.



indra says:

wah kayanya bokin gw mesti ge kasih tau nih



riez1929 says:

PERTAMAX…….

funky blog’s n nice post yeahh…that’s right ASI No.1 on d world..

let’s come 2 My home



Devina says:

Setuju bangettttts!! ASI is the best pokoke deh…hehehe…

Nice blog! Keep on writing yah.



Komentar ditutup.

et cetera